A.Pengertian Segmentasi Pasar
Pengertian segmentasi pasar
adalah suatu proses membagi-bagi pasar ke semua produk atau jasa yang awalnya
bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, yang masing-masing segmen-nya
bersifat homogen ke semua aspek yang asalnya bersifat heterogen menjadi
homogen. Homogenitas tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kebiasaan
membeli, kebutuhan pemakaian, menggunakan barang, dan tujuan ketika membeli
barang.
B.Apa
Tujuan Segmentasi Pasar?
1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
Salah satu kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk
adalah keadaan pasar yang sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen
sangat beragam dan terus berkembang. Dengan mengelompokkan konsumen yang
sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat
konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan
kelompok pasar lainnya.
2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
Empat hal penting yang paling
diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya adalah kualitas, harga,
pelayanan, dan ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik merupakan hal krusial
dari keempat hal penting tersebut.Dengan melakukan market segmentation, maka
perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.
3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
Strategi pemasaran pada pasar
yang homogen akan lebih mudah ketimbang pada pasar yang heterogen. Strategi
pemasaran pada pasar homogen akan lebih terarah, termasuk menyusun bauran
pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.Dengan adanya
pengelompokan pasar maka perusahaan dapat mengarahkan dana dan usahanya ke
market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama
Setelah memahami pembeli yang
berada pada suatu segmen pasar, tentunya perusahaan juga akan dapat mengetahui
siapa saja kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh
kompetitor.Dengan begitu, maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru strategi
pemasaran komptetitor tersebut sehingga dapat merebut perhatian konsumen.
5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis
Setelah memahami segmen pasar
dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan suatu evaluasi atas
kegiatan pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.Dari sini, perusahaan akan
mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai dengan karakteristik pasar
sehingga dapat menjadi acuan untuk membuat perencanaan bisnis selanjutnya.
C.Manfaat Segmentasi Pasar
Ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh perusahaan,
diantaranya adalah:
·Perusahaan memiliki dan
menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
· Perusahaan akan terbantu
dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
· Perusahaan mengetahui dan
membandingkan peluang pasar baru.
·Perusahaan dapat menyusun
dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.
·Perusahaan akan terbantu
dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
·Perusahaan akan berada
pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar