Minggu, 01 September 2019

Segmentasi Pasar (pengertian,tujuan,dan manfaat)


A.Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar adalah suatu proses membagi-bagi pasar ke semua produk atau jasa yang awalnya bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, yang masing-masing segmen-nya bersifat homogen ke semua aspek  yang asalnya bersifat heterogen menjadi homogen. Homogenitas tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan kebiasaan membeli, kebutuhan pemakaian, menggunakan barang, dan tujuan ketika membeli barang.

B.Apa Tujuan Segmentasi Pasar?


1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar

Salah satu kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk adalah keadaan pasar yang sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen sangat beragam dan terus berkembang. Dengan mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar lainnya.

2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik

Empat hal penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik merupakan hal krusial dari keempat hal penting tersebut.Dengan melakukan market segmentation, maka perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.

3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Strategi pemasaran pada pasar yang homogen akan lebih mudah ketimbang pada pasar yang heterogen. Strategi pemasaran pada pasar homogen akan lebih terarah, termasuk menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.Dengan adanya pengelompokan pasar maka perusahaan dapat mengarahkan dana dan usahanya ke market yang potensial dan lebih menguntungkan.

4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama

Setelah memahami pembeli yang berada pada suatu segmen pasar, tentunya perusahaan juga akan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor.Dengan begitu, maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran komptetitor tersebut sehingga dapat merebut perhatian konsumen.

5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

Setelah memahami segmen pasar dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan suatu evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.Dari sini, perusahaan akan mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai dengan karakteristik pasar sehingga dapat menjadi acuan untuk membuat perencanaan bisnis selanjutnya.








C.Manfaat Segmentasi Pasar


            Ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh perusahaan, diantaranya adalah:
·Perusahaan memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
· Perusahaan akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
· Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
·Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.
·Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
·Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYARAT DAN KETENTUAN PROGRAM AFILIASI.

  Syarat dan Ketentuan Program Afiliasi Tokopedia Pengguna dalam hal ini, Mitra Tokopedia tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Keten...