Rabu, 14 Agustus 2019

Contoh soal analisa pasar PART.II

1.      Dalam tahapan perencanaan riset pasar dan pemasaran kita dapat menggunakan metode sekunder dan primer.  Data sekunder merupakan data.....
a.      data asli yang dikumpulkan langsung oleh periset untuk menjawab masalah risetnya secara khusus.
b.      Merancang pertanyaan atau kuesioner yang akan ditanyakan kepada pihak yang disurvey. Pertanyaan dalam kuesioner dapat bersifat terbuka ataupun tertutup.
c.      Analisis data dengan menguraikan cara menginterpretasikan data yang akan dianalisa
d.      Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain, bukan oleh periset sendiri.
e.      Data-data

2.      Pembisnis yang serius mengembangkan produknya harus memperhatikan...
a.      Riset pasar
b.      Kebutuhan konsumen
c.      Segmentasi pasar
d.      Selera konsumen
e.      Konsumen

3.      Bapak Budiman seorang pengusaha kue. Dia menitipkan produknya  di tokotoko atau warung yang ada di sekitar rumahnya dan toko-toko atau warung yang juah dari tempat tinggalnya. Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh Bapak Budiman?
a.      Melakukan survei pasar
b.      Mengamati tingkat persaingan pasar
c.      Mengamati perkembangan pasar
d.      Melakukan uji coba riset pasar
e.      Uji coba 

4.      Dari pertanyaan no 3 mengapa Bapak Budiman melakukan kegiatan tersebut?
a.      Untuk mengetahui kondisi pasar
b.      Untuk mengetahui tanggapan pasar
c.      Untuk memasuki pasar yang sudah penuh pesaing
d.      Untuk bahan pertimbangan dalam menjual produk
e.      Bahan pertimbangan

5.      Pada dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui....
a.      Potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pemasar  untuk mendapatkan keuntungan
b.      Potensi pasar yang dapat dijadikan peluang untuk berbisnis
c.      Potensi pasar yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menjual produk dalam kegiatan bisnis
d.      Potensi pasar yang dapat dijadikan sebagai kekuatan dalam melaksanakan bisnis
e.      Bisnis

6.      Ibu Ratna seorang pengusaha Spa tradisional sedang melakukan kegiatan menyebarkan kuisioner, angket, dan melakukan wawancara secara langsung dengan konsumen. Kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh ibu Ratna?
a.      Melakukan pengumpulan data untuk mendapatkan informasi produk
b.      Melakukan riset pasar
c.      Melakukan survei pasar
d.      Melakukan pengumpulan data untuk mengetahui minat konsumen
e.      Observasi

7.      Menurut Burn and Bush, riset pemasaran adalah proses perancangan, pengumpulan, penganalisisan, dan pelaporan informasi, yang digunakan untuk memecahkan masalah pemasaran secara khusus. Dari defenisi ini dapat ditarik kesimpulan tentang riset pemasaran. Yang bukan merupakan kesimpulan riset pemasaran adalah....
a.      Terdiri dari beberapa tahap sehingga menjadi suatu proses
b.      Hasil akhir berupa informasi
c.      Ditujukan untuk membantu pengambilan keputusan manajemen pemasaran.
d.      Hasil akhir berupa data-data
e.      Hasil 

8.      Yang bukan merupakan hal-hal yang perlu dilakukan oleh periset dalam menetapkan masalah riset adalah....
a.      Memperoleh psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi
b.      memperoleh psaudarangan yang mendalam dan menyeluruh mengenai masalah yang sebenarnya
c.      Mempertimbangkan sumber dan jenis informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh klien
d.      Mengkombinasikan masukan informasi dari pihak klien dengan periset
e.      Memperoleh psaudarangan klien mengenai masalah yang sebenarnya terjadi dan mempertimbangakan sumber

9.      Problem Solving Research merupakan penelitian yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah pemasaran yang spesifik, seperti...
a.      segmentation research, product research, pricing research, promotion research, distribution research.
b.      market potential research, market share research, promotion research, distribution research.
c.      segmentation research, product research, image research, market characteristics research, sales analysis research
d.      image research, market characteristics research, sales analysis research, , promotion research, distribution research.
e.      promotion research, distribution research.

10.   Sebelum memasarkan produk, sebaiknya Saudara mengetahui tingkat persaingan yang ada di pasaran. Bagimana caranya?
a.      Lakukan survei pasar untuk mengetahui pesaing
b.      Sebarkan angket dan kuisioner untuk mendapatkan data tentang produk pesaing
c.      Tawarkan inovasi baru untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing
d.      Tawarkan penawaran harga yang relatif murah untuk memasuki pasar yang sudah dipenuhi para pesaing
e.      Menawarkan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SYARAT DAN KETENTUAN PROGRAM AFILIASI.

  Syarat dan Ketentuan Program Afiliasi Tokopedia Pengguna dalam hal ini, Mitra Tokopedia tunduk pada Kebijakan Privasi dan Syarat dan Keten...