Pengertian Marketing, Fungsi, dan
Konsep Marketing
Apa yang dimaksud dengan marketing? Pengertian
Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan
untuk memasarkan produk, baik barang ataupun jasa, dengan berbagai cara agar
produk tersebut disukai dan digunakan oleh khalayak luas.
Ada juga yang menyebutkan pengertian marketing adalah perpaduan
berbagai aktivitas yang saling terkait dimana tujuannya untuk mengetahui
kebutuhan konsumen atau pasar. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan
dapat menciptakan atau mengembangkan suatu produk, harga, pelayanan, dan
promosi agar kebutuhan pasar tersebut terpenuhi dan perusahaan mendapatkan
keuntungan.
Dapat dikatakan marketing adalah penghubung antara produsen
dengan konsumen pada suatu pasar. Artinya, kegiatan marketing tidak hanya
terbatas pada pemasaran saja, namun juga termasuk semua strategi yang bertujuan
untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
B. Fungsi Marketing dalam
Perusahaan
Setiap perusahaan
mengandalkan marketing dalam upaya menghasilkan penjualan dan pendapatan bagi
perusahaan tersebut. Itulah sebabnya proses marketing menjadi sesuatu yang
sangat krusial bagi semua bisnis.
Sesuai dengan pengertian
marketing di atas, beberapa fungsi marketing adalah sebagai berikut:
1. Fungsi Pertukaran
Melalui
kegiatan marketing, maka barang dapat dikenal dan diminati oleh suatu pasar.
Dalam hal ini fungsi pertukaran adalah pembelian produk yang dilakukan konsumen
dengan menukar uangnya dengan produk yang ditawarkan.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Produk yang
dihasilkan oleh produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu
saja, ini melalui proses distribusi.
Distribusi fisik melalui berbagai proses, mulai dari pengambilan, klasifikasi,
penyimpanan, packing, hingga pengiriman ke lokasi terdekat dengan konsumen.
3. Fungsi
Perantara
Kegiatan
marketing juga berfungsi sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.
Fungsi perantara ini dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui pencarian
informasi, pembiayaan, klasifikasi produk, dan lain-lain.
Secara garis besar, tiga
poin di atas merupakan fungsi utama dari marketing. Selain itu, beberapa fungsi
lain dari kegiatan marketing adalah sebagai berikut:
·
Berfungsi sebagai sales, yaitu aktivitas penjualan
produk yang menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
·
Berfungsi sebagai alat promosi, yaitu aktivitas
memperkenalkan suatu produk atau perusahaan kepada khalayak luas dengan tujuan
agar produk atau perusahaan tersebut diminati oleh masyarakat.
·
Berfungsi untuk riset dan pengembangan, yaitu proses
marketing yang menyerap berbagai informasi bermanfaat mengenai tanggapan
masyarakat terhadap produk sehingga perusahaan dapat melakukan peningkatan
kualitas produk di masa depan.
·
Berfungsi untuk mewujudkan konsep marketing
communication, yaitu peran marketing dalam menjalin hubungan baik
dengan masyarakat atau perusahaan lain.
C. Konsep Marketing
Mengacu pada pengertian marketing di atas,
secara garis besar ada empat konsep dasar marketing. Adapun konsep marketing
adalah sebagai berikut:
1. Produksi
Produksi adalah proses
mengubah bahan baku menjadi bahan jadi atau menambah nilai guna suatu produk
(barang maupun jasa). Tim marketing suatu perusahaan harus melakukan riset
untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati oleh pasar. Selain itu, tim
marketing juga harus mengamati para pemain di ceruk tersebut dan harga yang
berlaku di pasar. Inilah yang menjadi acuan dalam perencanaan dan produksi yang
dilakukan oleh perusahaan.
2. Produk
Produk adalah
sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak. Produk dapat dibedakan
dalam 3 kategori, yaitu barang, jasa, dan gagasan/ ide. Semua konsumen
menginginkan produk yang berkualitas, harga terjangkau, dan
unik. Menghasilkan produk yang berkualitas tinggi menjadi hal yang penting
dalam proses marketing itu sendiri. Tanpa adanya produk berkualitas maka dengan
sendirinya proses marketing akan sangat sulit dilakukan.
3. Pemasaran
Pemasaran adalah semua
aktivitas yang dilakukan seseorang atau organisasi dalam upaya memenuhi
permintaan pasar. Kegiatan pemasaran ini meliputi menciptakan produk bernilai
jual, penentuan harga, promosi, pelayanan pelanggan, dan lain-lain.
Tujuan utama dari pemasaran adalah untuk
memenuhi kebutuhan suatu pasar. Dengan kata lain, kepuasan konsumen menjadi
sesuatu yang sangat penting dalam proses pemasaran.
4. Penjualan
Semua
aktivitas produksi dan pemasaran pada akhirnya akan bermuara pada angka
penjualan produk. Semakin besar angka penjualan maka idealnya keuntungan
perusahaan juga akan semakin besar. Kegiatan penjualan ini seringkali dilakukan
dengan memberikan nilai tambah kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan
bonus dengan jumlah pembelian tertentu yang pada akhirnya menambah angka
penjualan.
Demikianlah
penjelasan ringkas mengenai pengertian marketing, fungsi marketing, serta
konsep marketing secara umum. Semogar artikel ini bermanfaat dan menambah
wawasan kamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar